Minggu, 15 Desember 2013

Rencana Usaha Isi Ulang Parfum


Latar Belakang Usaha
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena memberikan keharuman dan kesegaran bagi  penggunanya, selain itu dapat menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat  menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Saat ini sudah banyak pelaku usaha baik yang berpengalaman maupun pemula  mulai dari kota besar di Indonesia sampai  daerah-daerah kabupaten terpencil membuka Usaha Parfum Refill dan bisa kita jumpai mulai dari toko parfum pinggir jalan sampai dengan mall, parfum refill banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari golongan menengah kebawah sampai kalangan menengah ke atas rutin membeli parfum refill ini. Beberapa kelebihan parfum refill diantaranya karena harganya yang terjangkau, parfum refill memiliki kelebihan wangi yang beragam jenis dan konsumen bebas memilih parfum sesuai keinginannya, selain itu parfum refill pun tahan lama, selain itu tahan terhadap goncangan krisis dan  masih banyak kelebihan lainnya.
Aroma Parfum Refill yang wangi dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas dan akan kembali datang untuk membeli parfum refill tersebut. Usaha parfum refill tidak ada istilah kadaluarsa, karena produk parfum akan tahan lama selama kemasan tidak dibuka dan Usaha Parfum Refill tidak mengenal istilah hutang piutang, karena semua transaksi dilakukan secara cash. Apabila parfum refill memiliki kualitas yang bagus otomatis tidak memerlukan biaya marketing untuk memasarkan produk parfum refill tersebut.
Pada umumnya pelaku usaha parfum refill tinggal berhitung berapa pundi-pundi rupiah yang akan dihasilkan dengan menghitung volume parfum refill yang di miliki.
Dengan  semua  kelebihan  usaha parfum refill,  tidak  heran  bila  banyak  pelaku usaha baru  yang  banyak  berminat  untuk  memulai  usaha parfum refill.
PRODUK YANG DISEDIAKAN UNTUK DIJUAL
            Parfum refill adalah parfum yang diracik secara langsung dengan menggunakan bibit pewangi tertentu yang disesuaikandengan keinginan, sifat, aktifitas si penggunanya.
Adapun jenis-jenis parfum sangat  banyak, tipe Eropa maupun tipe Timur Tengah. Tipe Eropa contohnya seperti Bvlgari, Paris Hilton, Hugo Boss, Calvin Clien, J-lo, Ferarri, Ralph Laurent dll. Sedangkanyang termasuk parfumtimurtengah seperti Silver, Hajar Aswad, Dalal, Al-Rehab dll. Dalam racikan parfum tersebut bisa menggunakan alkohol maupun non alkohol ataupun murnihanya parfum saja,untuk campuran non alkohol menggunakan solviol.
STRATEGI  PEMASARAN
Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan memilih tempat usaha yang strategis harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari bukan hanya karena sewa tempat yang murah. Memilih toko di pinggir jalan adalah keputusan terbaik agar dapat dilihat oleh banyak orang. Membuat papan nama toko parfum semacam bilboard dan neon box. Tidak hanya itu untuk menaikkan jumlah konsumen juga memerlukan berbagai cara sebagai berikut :
1.       untuk menarik konsumen baru dari pesaing strateginya diskon, lay out toko, getok tular (referensi dari teman), lokasi strategis, branding ,flyer
  1. untuk menarik konsumen subtitusi strateginya tester, publikasi, getok tular, flyer
  2. untuk menarik konsumen perawan strateginya lay out toko, branding, lokasi strategis
  3. untuk pelanggan platinum strateginya diskon khusus, bonus, membercard,
  4. untuk pelanggan gold strateginya impuls penjualan,membercard, personal contact
  5. untuk pelanggan silver strateginya personal contact, membercard, intensif service, produk primer.
Selain itu strategi pemasaran juga dapat dengan meningkatkan nilai penjualan seperti sebagai berikut :

  1. Menawarkan produk produk terbaru
  2. Menawarkan program pemasaran ( buy 1 get 1, merchandise, total pembelian 100.000 cash back Rp. 10.000,-)
  3. Menawarkan botol dengan kapasitas terbesar terlebih dahulu
  4. Up selling
  5. Strategi penetapan harga
  6. Personal service
  7. Delivery
  8. Penjualan di luar toko ( titip jual produk, system pemasaran jaringan, komunitas, sales door to door, SPG,dll)
SASARAN PASAR
Sasaran pasar untuk parfum refill dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Konsumen baru yaitu konsumen yang baru sekali melakukan transaksi pembelian parfum dari konsumen baru ini dapat dibagi lagi menjadi:
1. Konsumen pesaing yaitu konsumen yang sudah memakai parfum isi ulang sebelumnya tetapi karena alasan lain seperti ketidakpuasan produk dan pelayanan atau alasan geografis sehingga pindah menjadi konsumen kita
2.  Konsumen subtitusi yaitu konsumen yang sebelumnya memakai parfum original tetapi dengan alasan tertentu ia mencoba parfum isi ulang
3.  Konsumen perdana yaitu konsumen yang membeli parfum isi ulang pertama kali, adanya informasi dan referensi membuat ia memutuskan untuk membeli parfum isi ulang untuk pertama kalinya. Termasuk di dalamnya konsumen impuls buying.
2. Konsumen pelanggan yaitu konsumen yang telah berkali kali membeli parfum, dari konsumen pelanggan ini dapat dibedakan lagi menjadi:
1. Pelanggan platinum yaitu pelanggan yang memiliki tingkat pengulangan pembelian yang tinggi atau nilai nominal yang besar per pembeliannya.
2. Pelanggan gold yaitu pelanggan yang memiliki tingkat pengulangan pembelian yang moderat dan teratur atau dapat diprediksi.
3. Pelanggan silver / loncat yaitu pelanggan yang kadang melakukan pengulangan pembelian di toko kita tetapi juga kadang melakukan pembelian di toko pesaing.




1 komentar:


  1. ARTIKELNYA KEREN !!
    SUKSES YA MBA ...

    http://worldbalon.com/2015/12/26/balon-udara-balon-gas-helium-hidrogen/

    BalasHapus