Latar Belakang Usaha
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang
sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena
memberikan keharuman dan kesegaran bagi penggunanya, selain itu dapat
menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat
menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau
badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga
hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Saat
ini sudah banyak pelaku usaha baik yang berpengalaman maupun pemula mulai
dari kota besar di Indonesia sampai daerah-daerah kabupaten terpencil
membuka Usaha Parfum Refill dan bisa kita jumpai mulai dari toko parfum pinggir
jalan sampai dengan mall, parfum refill banyak diminati oleh berbagai kalangan
masyarakat mulai dari golongan menengah kebawah sampai kalangan menengah ke
atas rutin membeli parfum refill ini. Beberapa kelebihan parfum refill
diantaranya karena harganya yang terjangkau, parfum refill memiliki kelebihan
wangi yang beragam jenis dan konsumen bebas memilih parfum sesuai keinginannya,
selain itu parfum refill pun tahan lama, selain itu tahan terhadap goncangan
krisis dan masih banyak kelebihan lainnya.
Aroma
Parfum Refill yang wangi dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus,
akan membuat konsumen merasa puas dan akan kembali datang untuk membeli parfum
refill tersebut. Usaha parfum refill tidak ada istilah kadaluarsa, karena
produk parfum akan tahan lama selama kemasan tidak dibuka dan Usaha Parfum
Refill tidak mengenal istilah hutang piutang, karena semua transaksi dilakukan
secara cash. Apabila parfum refill memiliki kualitas yang bagus otomatis tidak
memerlukan biaya marketing untuk memasarkan produk parfum refill tersebut.
Pada
umumnya pelaku usaha parfum refill tinggal berhitung berapa pundi-pundi
rupiah yang akan dihasilkan dengan menghitung volume parfum refill yang di
miliki.
Dengan semua kelebihan
usaha parfum refill, tidak heran bila banyak
pelaku usaha baru yang banyak berminat untuk
memulai usaha parfum refill.
PRODUK YANG
DISEDIAKAN UNTUK DIJUAL
Parfum
refill adalah parfum yang diracik secara langsung dengan menggunakan bibit
pewangi tertentu yang disesuaikandengan keinginan, sifat, aktifitas si
penggunanya.
Adapun jenis-jenis parfum sangat banyak, tipe Eropa maupun tipe Timur Tengah.
Tipe Eropa contohnya seperti Bvlgari, Paris Hilton, Hugo Boss, Calvin Clien,
J-lo, Ferarri, Ralph Laurent dll. Sedangkanyang termasuk parfumtimurtengah
seperti Silver, Hajar Aswad, Dalal, Al-Rehab dll. Dalam racikan parfum tersebut
bisa menggunakan alkohol maupun non alkohol ataupun murnihanya parfum saja,untuk
campuran non alkohol menggunakan solviol.
STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran yang dilakukan adalah dengan memilih tempat usaha yang strategis
harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari bukan hanya karena sewa tempat
yang murah. Memilih toko di pinggir jalan adalah keputusan terbaik agar dapat
dilihat oleh banyak orang. Membuat papan nama toko parfum semacam bilboard dan
neon box. Tidak hanya itu untuk menaikkan jumlah konsumen juga memerlukan
berbagai cara sebagai berikut :
1.
untuk menarik konsumen baru dari pesaing
strateginya diskon, lay out toko, getok tular (referensi dari teman), lokasi
strategis, branding ,flyer
- untuk menarik konsumen
subtitusi strateginya tester, publikasi, getok tular, flyer
- untuk menarik konsumen
perawan strateginya lay out toko, branding, lokasi strategis
- untuk pelanggan
platinum strateginya diskon khusus, bonus, membercard,
- untuk pelanggan gold
strateginya impuls penjualan,membercard, personal contact
- untuk pelanggan silver
strateginya personal contact, membercard, intensif service, produk primer.
Selain itu strategi pemasaran juga dapat dengan meningkatkan nilai
penjualan seperti sebagai berikut :
- Menawarkan produk produk terbaru
- Menawarkan program pemasaran ( buy 1 get 1, merchandise, total pembelian 100.000 cash back Rp. 10.000,-)
- Menawarkan botol dengan kapasitas terbesar terlebih dahulu
- Up selling
- Strategi penetapan harga
- Personal service
- Delivery
- Penjualan di luar toko ( titip jual produk, system pemasaran jaringan, komunitas, sales door to door, SPG,dll)
SASARAN PASAR
Sasaran pasar untuk
parfum refill
dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
1. Konsumen
baru yaitu konsumen yang baru sekali melakukan transaksi pembelian parfum dari
konsumen baru ini dapat dibagi lagi menjadi:
1. Konsumen pesaing yaitu konsumen yang sudah memakai
parfum isi ulang sebelumnya tetapi karena alasan lain seperti ketidakpuasan
produk dan pelayanan atau alasan geografis sehingga pindah menjadi konsumen
kita
2. Konsumen subtitusi yaitu konsumen yang
sebelumnya memakai parfum original tetapi dengan alasan tertentu ia mencoba
parfum isi ulang
3. Konsumen perdana yaitu konsumen yang membeli
parfum isi ulang pertama kali, adanya informasi dan referensi membuat ia
memutuskan untuk membeli parfum isi ulang untuk pertama kalinya. Termasuk di
dalamnya konsumen impuls buying.
2. Konsumen pelanggan
yaitu konsumen yang telah berkali kali membeli parfum, dari konsumen pelanggan
ini dapat dibedakan lagi menjadi:
1. Pelanggan platinum yaitu pelanggan yang
memiliki tingkat pengulangan pembelian yang tinggi atau nilai nominal yang
besar per pembeliannya.
2. Pelanggan gold
yaitu pelanggan yang memiliki tingkat pengulangan pembelian yang moderat dan
teratur atau dapat diprediksi.
3. Pelanggan silver / loncat yaitu pelanggan yang
kadang melakukan pengulangan pembelian di toko kita tetapi juga kadang
melakukan pembelian di toko pesaing.
BalasHapusARTIKELNYA KEREN !!
SUKSES YA MBA ...
http://worldbalon.com/2015/12/26/balon-udara-balon-gas-helium-hidrogen/