Minggu, 20 Oktober 2013

Softskill dan Akuntan

Menurut Wicaksana (2010), Softskill adalah sebuah istilah dalam sosiologi tentang EQ (Emotional Intellience Quotient) seseorang, yang dapat dikategorikan menjadi kehidupan sosial, komunikasi, bertutur bahasa, kebiasaan, keramahan, optimasi. Ada pula menurut Widhiarso (2009) yang mendefinisikan softskill sebagai seperangkat kemampuan yang mempengaruhi bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain.

Softskill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan sumber daya secara maksimal, dan hal tersebut dapat dipelajari dari pengalaman hidup, sosialisasi, kemampuan beradaptasi dan agama atau norma yang diyakini.


Salah satu softskill yang harus dimiliki seorang akuntan adalah PROBLEM SOLVING. Problem softskill merupakan sikap seseorang yang mampu memecahkan masalah yang terjadi, baik masalah dalam pelaporan keuangan maupun pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar